Para pakar menyebutnya instink bersarang (nesting instinct); dorongan yang muncul pada ibu hamil untuk mempersiapkan tempat tinggal bagi calon anaknya. Tapi saya merasakannya sekadar sebagai dorongan kecemburuan pada kenyamanan yang saya rasakan ketika berkunjung ke rumah teman yang rajin beres-beres rumah.

Beberapa kali belakangan ini saya merasa sangat ingin membersihkan rumah, terutama daerah dapur dan kamar kecil. Saya membeli pengharum ruangan, meletakkannya di kamar mandi, membeli pembersih toilet dan langsung menggunakannya untuk menggosok bagian yang sudah lama tidak dibersihkan. Saya mengepel, membersihkan kaca dan mengelap setiap permukaan yang kelihatan berdebu. Sungguh, saya tidak merasa dorongan beres-beres rumah ini sebagai sebuah nesting instinct, tapi karena saya ingin mendapatkan pula suasana nyaman dan harum di rumah sendiri.

Tapi barangkali, memang begitulah instink itu bekerja. Tidak disadari dan tidak diakui oleh pelakunya, tapi tetap terjadi dengan gejala-gejala yang sama.

Tidak ada komentar: