Blog ini berubah nama. Selama saya hamil, alamat webnya adalah lineanigra.blogspot.com, saya menjudulinya sebagai pregnancy journal. Kini diganti menjadi rasyad.blogspot.com, catatan untuk anak kedua. Rupanya belum ada seorang Rasyad lain yang mengambil spot ini.

Kami tidak mempersiapkan nama untuk anak kedua ini secara khusus. Nama Tomi yang sering kami gunakan untuk memanggilnya selama dalam kandungan terasa kurang pas di hati. Hanifa menemukan nama itu dan menggunakannya dengan konsisten untuk mengajak bicara adiknya yang masih di dalam perut. Kami ikut menggunakannya. Belum ada kepastian tentang jenis kelaminnya, tapi Hanifa sejak awal yakin kalau adiknya ini bakalan laki-laki. Dan, nama Tomi rasanya cocok saja waktu itu.

Mas Budi menyiapkan usulan nama untuk anak laki dan perempuan beberapa saat sebelum kami berangkat ke rumahsakit Senin malam. Untuk anak perempuan ada nama Tasnim, dan tiga nama lain. Untuk anak laki ada nama Zia, Aqil, Rasyad, dan satu nama lain. Saya sendiri tidak punya usulan nama. Saya melihat sekilas daftar nama yang ditulis Mas Budi di halaman belakang buku agenda hariannya itu, tapi tidak segera menentukan pilihan meski ada nama-nama yang segera terasa tidak pas dan tidak masuk hitungan, misalnya Tasnim dan Aqil.

Begitu si bayi lahir dan diketahui jenis kelaminnya, Mas Budi berbisik menanyakan nama apa yang saya pilih. "Rasyad," jawab saya tanpa ragu. Jadilah dia bernama Rasyad Dermawan (setelah dikonfirmasikan bahwa transliterasinya menggunakan 'sy' bukan 'sh'), dengan panggilan Tomi yang tetap lekat sampai hari ini.

Tidak ada komentar: