Rasyad sangat lasak, tidak mau diam. Dia selalu mencari sasaran di sekelilingnya. Kalau ada sesuatu yang menarik perhatiannya, dia akan mengejarnya dengan kecepatan yang bikin kita kaget, merangkak dengan gerakan seperti berenang gaya kupu-kupu. Matanya terfokus tajam dan melotot seperti hendak keluar dari soketnya. Begitu sampai di dekat sasarannya itu, tangannya cepat menjangkau, kalau yang kanan ditahan, yang kiri langsung beraksi. Kita sering kalah cepat dengan kegesitan tangan bayi enam bulan ini. Karena kewalahan, akhirnya dia diangkat saja dari tempat yang berperkara itu.

Adegan berebut mainan dengan Hanifa pun jadi makin sering. Kayaknya dia merasa apa pun yang sedang dimainkan kakaknya itu lebih menarik dibanding mainan lain. Hanifa jadi sering berteriak, "Rasyad nggak boleh ke siniiii," begitu melihat adiknya mulai mendekat ke tempat dia sedang bermain dengan mata terbelalak. Rasyad mengejar bukan karena ingin merebut, tapi karena rasa ingin tahunya yang tinggi. Jadi belum terlalu bermasalah saat ini kalau dia diberi objek pengganti yang tak kalah menarik.

Kalau bukan dengan tangan, dia akan mencari kesibukan dengan kaki. Kakinya suka mencari sasaran tendang. Berdiri menggendong dia dekat sebuah rak, dia ayun-ayun kakinya sampai mengenai sebuah benda. Waktu sedang menyusu, kakinya juga asyik dihempas ke lantai berulang-ulang.

Kalau tidak bisa menjangkau apa-apa dengan tangan dan kaki---meski harus sampai berakrobat meliukkan badan ke kiri, kanan dan belakang---maka dia mencari sasaran dengan mata. Dia memperhatikan sekelilingnya dengan minat besar, melihat wajah orang yang sedang bicara dengan raut takjub, sesekali tersenyum lantas tertunduk malu, dan tertawa lebar kalau digoda. Bayi yang sibuk.

Tidak ada komentar: