Tugas sederhana

Menakjubkan rasanya pertama kali menemukan bahwa si bayi kecil ini sudah mulai mengerti beberapa perkataan kita dan bisa melakukan perintah-perintah sederhana. Mulai berusia satu setengah tahun, Rasyad mulai mengenal beberapa kata nama-nama benda, seperti lampu, pintu, kunci, sepatu, topi, komputer, bantal, sepeda, mobil, vespa, buku, kasur, bunga, kupu-kupu, capung, cicak, kucing, sapi, jerapah, ikan, ayam, tempat sampah, nama-nama anggota badannya dan tentu saja ibu, ayah, kakak, dan nenek. Dia bisa menunjuk benda-benda tersebut dengan benar, dan dia suka diminta untuk menunjukkan itu. Permainan tunjuk gambar menjadi sebuah kegembiraan tersendiri baginya. Poster di dinding atau buku  bergambar menjadi favorit dalam permainan ini.

Sekarang, setelah mengenal nama-nama benda, dia mulai mengerti kata kerja: minum, makan, berdiri, duduk, tidur, jalan, ambil, naik, baca. Dan dia bisa mengerti beberapa perintah sederhana. Dia sudah bisa dimintai tolong untuk membuangkan sampah ke tempatnya, mengambilkan sepatu atau buku, mengambilkan botol minum ibu, mengembalikan gunting ke tempatnya. Dia kelihatan senang bisa melakukan perintah-perintah kecil itu. Dia melakukannya sambil tersenyum-senyum sepanjang jalannya ke tempat sampah, dan setelah selesai melakukan perintah itu dia kembali dengan menunjukkan senyum yang makin lebar. Sepertinya dia bangga sekali dengan keberhasilan kecilnya.

Itulah yang menakjubkan, menyaksikan betapa otak di dalam kepalanya perlahan-lahan terisi oleh kata-kata dan citra-citra. Semua berlangsung dalam proses yang tidak disengaja, tidak disadari. betapa kita mesti berhati-hati kalau-kalau kita menanamkan secara tidak sengaja dan tidak disadari sesuati yang buruk untuk direkamnya di dalam otak yang sedang sangat mudah menyimpan dan menyerap itu. Apa yang sudah menjadi bawaan kitalah yang sebenarnya kita transfer kepada anak, karena kita tidak bisa senantiasa waspada tentang apa yang kita alirkan kepadanya dalam keseharian kita. Banyak-banyaklah tersenyum sambil berdoa semoga Allah memberi kita limpahan kesabaran untuk berhadapan dengan anak.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hey, you have a great blog here! why not visit my site, you may like what you see !

I have a implant lens aphakic site. It pretty much covers implant lens aphakic related stuff.

Come and check it out if you get time :-)